JAMBORE MTs II TAHUN 2016 SE-KABUPATEN BANYUMAS DI SOKAWERA CILONGOK

Jumat, 04 November 2016 | 5594 Kali
JAMBORE MTs II TAHUN 2016 SE-KABUPATEN BANYUMAS DI SOKAWERA CILONGOK



Untuk mencapai tujuan Gerakan Pramuka , maka perlu adanya usaha dan kegiatan untuk membangkitkan, mengatur, mendorong dasn mengarahkan serta mengendalikan keinginan, semangat dan daya kemampuan anak didik pramuka pengggalang.

Untuk mengarahkan serta mengendalikan keinginan, semangat dan daya kemampuan  anak didik pramuka penggalang perlu ditanamkan , dipupuk dan dikembangkan sikap :

  1. Kesadaran beragama untuk taat dan cinta kepada Alloh SWT,
  2. Kesadaran dan berkaidah untuk mengetahui dan menghayati apa yang baik dan apa yang tidask baik dalam hubungan antar sesama manusia berdasarkan Qur’an hadits dan sunah serta ideologi pancasila.
  3. Kesadaran sosial untuk memiliki rasa persahabatan / persaudaraan baik antar Pramuka maupun antar {ramuka dengan masyarakat .
  4. Kesadaran berbangsa dan bernegara untuk memiliki rasa cinta pada alam, bangsa dan Negara kesatuan republik indonesia serta mempertebal kepercayaan pada diri sendiri.

Kaitannya dengan hal tersebut KKM MTs se-Kabupaten Banyumas berperan serta dalam bentuk jambore MTs. Jambore Madrasah Tsanawiyah Kabupten Banyumas adalah pertemuan Pramuka Penggalang MTs dilaksanakan setiap 2 tahun sekali dengar peserta dari perwakilan seluruh MTs se-Kabupaten Banyumas dalam bentuk perkemahan besar yang diselenggarakan oleh Kelompok Kerja Madrasah Tsanawiyah (KKM MTs) Kabupaten Banyumas. Jambore MTs dilaksankan setiap 2 tahun sekali dengan pesrta dari perwakilan seluruh MTs baik negeri maupun swasta se-Kabupaten Banyumas. Jambore MTs KKM MTs kabupaten Banyumas tahun 2016 mengacu pada jambore cabang yaitu kegiatan rekreasi edukatif dialam terbuka dsalam bentuk perkemahan besar Pramuka Penggalang sebagai sarana pembinaan Pramuka Pengalang yang menitikberatkan pada pengembangan diri yang terdiri atas bidang mental, fisik, intelektual, spiritual dan sosial baik sebagai  individu maupun sebagai anggota masyarakat.

Jambore MTS II Tahun 2016 merupakan Jambore MTs kedua setelah Jambore MTs tahun 2014 di Kedungbanteng. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menumbuhkan semangat kepramukaan dilingkungan madrasah sebagai sikap tanggap terhadap kurikulum2013 serta dalam rangka pencapaian tujuan gerakan pramuka.



Dasar penyelenggaraan kegiatan Jambore MTs II Tahun 2016 di Desa Sokawera Kec. Cilongok adalah ADART Gerakan Pramuka, SK Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 131/KN/76 tentang petunjuk Penyelenggaraan Perkemahan Besar Penggalang dan Program KKM MTs Kabupaten Banyumas Tahun 2016.

Tujuan Penyelenggaraan kegiatan  Jambore MTs II Tahun 2016 di Desa Sokawera Kec. Cilongok adalah untuk meningkatkan kemandirian, kepemimpinan, ketrampilan, persatuan dan kesatuan pramuka Penggalang serta memiliki komitmen terhadap penghayatan dan pengamalan Kode kehormatan Pramuka yaitu Tri Satya dan Dasa Darma serta dalam rangka menyambut Tahun Baru 1438 Hijriyah.



Jambore MTs II Tahun 2016 di dilaksanakan di Lapangan Gelora Desa Sokawera Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas pada hari Jum’at tanggal 04 November 2016 s/d hari Minggu tanggal 6 November 2016.

Tema Kegiatan adalah “ Tumbuhkan Ukuwah Islamiyah menuju Terbentuknya Muslim yang berbudi Luhur dan Berjiwa Sosial Islami “.

Motto kegiatan adalah “ Satyaku Kudarmakan Darmaku Kubahtikan Jayalah Pramuka Indonesia”.

Peserta Jambore MTs II Tahun 2016 tingkat Kabupaten Banyumas di Lapangan Gelora Desa Sokawera Kec. Cilongok adalah Pramuka Penggalang Putra dan Putri dengan jumlah satu regu 10 orang. Peserta merupakan perwakilan pangkalan MTs se-Kabupaten Banyumas.

Semoga Alloh Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan kekuatan pada kita semua, sehingga dapat memberikan setitik bakti pada nusa dan bangsa melalui wadah Gerakan Praja Muda Karana.

 

Related Posts

Font
Selasa, 19 Januari 2016

Komentar